Pukul Berapa yaaaaa??

Slider

08 December 2011

SEKILAS SINGKAT SEJARAH TENTANG "INTER MILAN"


Football Club Internazionale Milano S.p.A atau lebih dikenal dengan nama Inter Milan atau yg mempunyai julukan il Nerazurri (si biru hitam), il Biscone (si ular besar), dan juga La Beneamata (yang tersayang) adalah sebuah klub sepak bola Italia, bermain di Seri A (divisi pertama).
Klub ini didirikan pada 9 Maret 1908 mengikuti pecahnya dari Klub Kriket dan Sepak bola Milan (Milan Criket and Football Club), yang sekarang lebih dikenal dengan nama AC Milan. Sebuah grup terdiri dari orang-orang Italia dan Swiss tidak terlalu suka akan dominasi orang-orang Inggris & Italia di AC Milan dan mereka memutuskan untuk memecahkan diri dari AC Milan. Nama Internazionale diambil dari keinginan pendiri-pendirinya untuk membuat satu klub yang terdiri dari banyak pemain dari negara-negara luar.
Klub ini memenangkan juaranya di tahun 1910 dan yang kedua di tahun 1920. Selama waktu perang, klub ini dipaksa untuk mengganti namanya menjadi Ambrosiana-Inter untuk menyesuaikan diri dengan kepemimpinan Benito Mussolini. Walaupun demikian, Inter masih tetap bisa memenangkan trofi ketiga mereka di tahun 1930. Mengikuti itu, trofi keempat dimenangkan di tahun 1938, Inter pertama kali memenangkan Copa Italia (Piala Italia) di tahun 1940 dan di tahun yang sama, mereka memenangkan trofi kelima mereka. Sejak tahun 1942 sampai sekarang, nama Ambrosiana-Inter tidak pernah dipakai lagi dan mereka memakai nama asli mereka, Internazionale Milano.
Setelah masa perang, Inter memenangi gelar Seri A lagi pada tahun 1953 dan yang ketujuh di tahun 1954. Setelah memenangi beberapa trofi ini, Inter memasuki masa keemasan mereka yang disebut La Grande Inter. Selama masa keemasan mereka, Inter memenangkan tiga trofi di tahun 1963, 1965, dan 1966. Pada waktu ini, Inter juga terkenal dengan kemenangan Piala Eropa dua kali berturut-turut. Di tahun 1963, Inter memenangkan trofi Piala Eropa mereka setelah mengalahkan klub terkenal Real Madrid. Musim selanjutnya, bermain di kandang mereka sendiri, Inter memenangkan trofi Piala Eropa untuk kedua kalinya setelah mengalahkan klub dari Portugal, Benfica.
Setelah masa keemasan di tahun 1960, Inter berhasil untuk memenangkan gelar mereka kesebelas kalinya di tahun 1971 dan kedua belas kalinya di tahun 1980. Pada tahun 1970 dan 1980, Inter juga memenangi dua trofi Piala Italia di tahun 1978 dan 1982. Inter berhasil meraih gelar scudetto mereka yg ke tigabelas kali pada tahun 1989 dan membutuhkan waktu yg sangat panjang hingga 17 tahun hingga mereka dapat memenanginya lagi pada tahun 2006, tetapi melalui cara yg lain dari biasa atau yg mereka sebut dengan “Scudetto of Honesty” (juara dari kejujuran), karena mereka tidak terbukti bersalah dalam skandal “calciopoli” yg ikut menyeret beberapa klub besar italia yg terbukti bersalah dan mendapat penalti pengurangan poin juga pencopotan gelar bagi juara sebelumnya. Baru pada tahun selanjutnya atau 2007 Inter berhasil menjadi juara bertahan, sekaligus menorehkan rekor dengan 17 kemenangan beruntun di kompetisi lokal.
Gelar ini membuat Inter dengan 15 kali juara di peringkat ketiga dalam jumlah gelar kompetisi Seri A, di bawah Juventus dengan 27 kali dan AC Milan dengan 17 kali. Biarpun begitu Inter adalah satu-satunya tim Seri A yg belum pernah terdegradasi terhitung dari sejak Seri A bergulir, karena itu di dalam lagu kebangsaan nya yg berjudul C’e solo l’Inter (hanya ada Inter satu-satunya) disebutkan bahwa Inter mempunyai gen Seri A dan tidak mengenal Seri lainnya.
Internazionale juga memenangi Piala UEFA mereka tiga kali. Pertama di musim 1990/1991 melawan AS Roma/ Di musim 1993/1994, Inter meraih gelar Piala UEFA dengan mengalahkan klub Austria Casino Salzburg. Di kemenangan Piala UEFA mereka untuk ketiga kalinya, Inter mengalahkan SS Lazio di Parc des Princes, Paris.

Skuad Inter peraih scudetto pertama 1909/1910
Data diri singkat skuad Inter peraih scudetto pertama pada tahun 1909-1910:
(GK/Mf) Carlo Cocchi - 07 Agustus 1889 di Milano
(GK) Piero Campelli — 20 Desember 1893 di Milano
(GK) Angelo De Magistris I — 01 January 1886 di Ramusao
(GK) Henry Muller — data tidak ditemukan, lahir di Switzerland
(Df) Oscar Engler — 29 January 1889 di San Gallo-Switzerland
(Df) Alfredo Zoller — 01 January 1888 di Bengdorf-Zwitzerland
(Df) Yenni — data tidak ditemukan, lahir di Zwitzerland
(Df) Carlo Streit — 19 Juli 1888 di Berna-Zwitzerland
(Df) Mario Moretti — 07 Mei 1889 di Milano
(Df) Roberto Fronte — 09 Maret 1893 di Milano
(Mf) Gian Maria Cadoni — 31 Desember 1888 di Villanova Monteleone
(Mf) Stebler — data tidak ditemukan, lahir di Italy
(Mf) Ernest Peterly I – 01 January 1892 di Zwitzerland
(Mf) Carlo Payer I — 04 January 1890 di Milano
(Mf) Giovanni Capra — 18 Juni 1887 di Mercenasco
(Mf) Ernesto Crespi — 22 November 1891 di Milano
(Mf) Virgilio Fossati I — 12 September 1889 di Milano
(Mf) Furter — data tidak ditemukan, lahir di Switzerland
(St) Ermanno Aebi — 22 November 1892 di Milano
(St) Schuler — data tidak ditemukan, lahir di Zwitzerland



KEDATUAN ARYA BANJAR GETAS

Arya Banjar Getas datang ke pulau Lombok dari Jawa Timur dengan membawa pengiringnya. Mula-mula mereka singgah dikerajaan Sokong Tanjung di Lombok Barat sekarang. Arya Banjar Getas ditugaskan untuk membuat patung, akan tetapi patung yangdibuat menimbulkan kecurigaan Datu Sokong. Arya Banjar Getas pun disingkirkan dari Sokong. Kemudian Arya Banjar Getas bergerak ke timur hingga sampai di Wanasaba (itulah sebabnya diWanasaba ada sebuah desa bernama Banjar Getas). Di Wanasaba iasakit, kemudian ia pun bernazar jika ia sembuh kelak maka ia akanmenghadap ke raja Selaparang. Di kerajaan Selaparang ia pun jugamenemukan nasib yang kurang baik karena dituduh berbuat yangtidak senonoh dengan putri raja. Akhirnya Arya Banjar Getas jugadisingkirkan dari Selaparang. Hal itulah yang membuat Selaparang benci terhadap Pejanggik karena menerima Arya Banjar Getassebagai patih.Versi lain menyebutkan bahwa Arya Banjar Getas berasaldari Bali bagian utara. Oleh sebab itu sering disebut denganungkapan pendek "Dengan Bali Selam, Petelik Datu Bali".

A.BERDIRINYA KEDATUAN ARYA BANJAR GETAS

Kerajaan Selaparang bersama Amasa Samawa berhasilmengusir Arya Banjar Getas sampai di Pagutan. Dari Pagutan AryaBanjar Getas bergabung dengan kerajaan Pejanggik. la kemudian banyak membantu Pejanggik dalam melebarkan sayap kekuasaannyadengan menggunakan politik Rerepeq. Politik Rerepeq yangdijalankan terus berlanjut hingga ke Mambalan dan Sokong. Sebelum politik Repepeq sampai ke Bayan, raja Pejanggik justru mengambilkebijakan untuk membersihkan wilayahnya dari pengaruhPagesangan dan Pagutan.Kerajaan KarangAsem Bali yang memang ingin menguasaikerajaan-kerajaan di Lombok mendarat di Pantai Padang Reak.ini dimanfaatkan oleh Arya Banjar Getas dengan meminta bantuanKarang Asem untuk menyerang Pejanggik dan Selaparang.Kemenangan Arya Banjar Getas dan Karangasem dalam peperangandi Tanaq Beaq menyebabkan hubungan keduanya semakin baik.Hubungan baik tersebut dituangkan dalam sebuah sumpah bahwamereka akan selalu bergandengan tangan secara damai turun-temurun. Kemudian keduanya membuat perjanjian yang dikenaldengan "Perjanjian Timur dan Barat Juring". Isi perjanjian tersebutadalah, untuk bagian barat dimiliki dan dikuasai oleh Karangasemsedangkan bagian sebelah timur dimiliki dan dikuasai oleh AryaBanjar Getas.Batas antara kedua bagian tersebut adalah Sungai Pandan,Sweta Penanteng Aik, Pelambik, Ranggagata, dan Belongas. RajaKarangasem menempatkan wakilnya I Wayan Tegeh dengan ibu kotaTanjung Karang, kemudian dipindah ke Mataram. Sedangkan AryaBanjar Getas mendirikan kerajaannya di Memelaq dan menguasaiwilayah Batu Kliang, Puyung serta Praya.

B.BERKEMBANGNYA KEDATUAN ARYA BANJAR GETAS

Langkah awal yang dilakukan Arya Banjar Getas adalahmengkonsolidasikan kekuasaannya ke wilayah-wilayah kedemunganyang semula dikuasai raja Pejanggik dan dijadikan sebagai pemegang kekuasaan di daerahnya dengan sebutan "Perkanggo"(penguasa). Kemudian kebijakan Arya Banjar Getas adalahmembangun masjid, pasar serta pelaksanaan syariat Islam secaramurni, rakyatnya tidak dipunguti pajak.Selama pernerintahannya, Arya Banjar Getas membagiwilayah kekuasaan kepada putra-putrinya maupun menantunya yaitu:

  1. Dende Wirachandra dikawinkan dengan Panji Langko dan diberiwilayah kekuasaan meliputi Mujur, Marong, Ganti hingga ke lautsebelah timur.
  2. Raden Juruh diberi kekuasaan untuk memerintah di Batukliang,

Akan tetapi, kerjasama Arya Banjar Getas denganKarangasem Bali tidak mendapatkan restu dari datu-datu di daerahLombok. Oleh sebab itu, dalam pemerintahannya banyak datu-datuyang melakukan pemberontakan, antara lain:

  1. Pemberontakan Datu Bayan dan Datu Buluran. Kedua raja inimenyerbu Pringgabaya namun serangan itu dapat ditahan dankeduanya tewas dalam pertempuran tersebut.
  2. Pemberontakan Datu Kadinding tetapi juga dapat dipatahkan.
  3. Pemberontakan Datu Semong Moh Jalaluddin, raja Sumbawa.Datu Semong tewas karena pengkhianatan saudaranya. Perang inidilanjutkan oleh pembantu-pembantunya sampai tahun 1725 M.
  4. Pemberontakan Selaparang, yang juga dapat dipatahkan dansebagian rakyatnya diboyong ke Sekarbela, Dasan Agung danRembiga.Keberhasilan Arya Banjar Getas dalam menangkal setiapserangan dari luar memang lebih dikarenakan bantuan Gusti KetutKarangasem.

C.KERUNTUHAN KEDATUAN ARYA BANJAR GETAS

Adapun penyebab keruntuhan Kerajaan Arya Banjar Getasadalah:

  1. 1.Banyak kekacauan terjadi sehingga tidak berkesempatan untuk membangun dan menata wilayah kekuasaannya sebagaimanamestinya.
  2. Karangasem ingkar janji terhadap sumpah yang pernahdilakukan. Banyak wilayah kekuasaan Arya Banjar Getas yangdiambil alih.
  3. Ketika Arya Banjar Getas meninggal, putra-putra penggantinyakurang memiliki kemampuan dalam menata kerajaan.Sedangkan yang menjadi raja selanjutnya adalah:
  • Raden Ronton.Dalam kepemimpinannya, Raden Ronton memindahkan ibu kotake hutan Berora yang berubah menj adi Praya.
  • Raden Lombok. Raden Lombok memperistri puteri raja Sokong Prawira. Dari perkawinan tersebut lahir seorang putera bernama Dene' Bangli.Pada masa pemerintahan Deneq Bangli terjadi pemberontakanDemung Selaparang yang dibantu oleh komplotan bajak laut.Untuk menumpas pemberontakan itu diperintahkanlah pamanDeneq Bangli untuk mengejar komplotan bajak laut itu sampai keSumbawa. Dalam pengejaran ini, sesampai di Labuan Lombok, paman Deneq Bangli menderita sakit kemudian meninggal duniadi Ketangga. Beliau disebut Raden Hang Ketangga. Dene' Banglidiganti oleh puteranya bernama Raden Mumbul.
  • Raden MumbulRaden Mumbul gugur dalam suatu perang tanding denganDemung Bone Mamben memperebutkan seekor kuda belang panji. Setelah Raden Mumbul meninggal maka ia digantikanRaden Wiratmaja. .
  • Raden WiratmajaPada masa pemerintahan Raden Wiratmaja daerahnya banyak mendapatkan tekanan dari Karangasem. Karangasem memaksarakyat membayar upeti sehingga timbullah Perang Praya pertama.Peperangan Praya I ini merupakan titik awal berakhirnyakerajaan Arya Banjar Getas tepatnya pada tahun 1841 M. Dengandemikian, pada akhir abad ke-18 sampai permulaan abad ke 19 M,kerajaan Karangasem berhasil menjadi kerajaan terkemuka di Bali.Kerajaan Karangasem Lombok Bagian Barat membentuk kerajaanMataram dan kerajaan Singasari. Pada era inilah terjadi migrasi besar-besaran orang-orang Bali ke pulau Lombok.

ASAL MULA NAMA SASAK DAN LOMBOK

Sasak dan Lombok memiliki arti yang beraneka ragam.Adapun arti Sasak dan Lombok dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Sumber lisan: Sasak, karena zaman dahulu ditumbuhi hutan belantara yang sangat rapat.

2. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan PengembanganBahasa: Sasak diartikan buluh bambu atau kayu yang dirakitmenjadi satu.

3. Kitab Negarakertagama (Decawanana): Sasak dan Lombok dijelaskan bahwa Lombok Barat disebut Lombok Mirah danLombok Timur disebut Sasak Adi.

4. Dr. C.H. Goris: "Sasak berasal dari bahasa Sansekerta (Sak = pergi dan Saka = asal). Jadi Orang Sasak adalah orang yangmeninggalkan negerinya dengan menggunakan rakit sebagaikendaraannya. Orang yang pergi: tersebut dimaksudkan adalahorang Jawa. Hal ini dibuktikan dengan adanya silsilahpara bangsawan dan juga hasil sastra digubah dalam bahasa JawaMadya dan berhuruf Jejawan (huruf sasak) ".

5. Dr Van Teeuw dan P. De Roo De La Faille: "Sasak berasal dari pengulangan tembasaq (kain putih) yaitu saqsaq sehinggamenjadi Sasak dan kerajaan Sasak berada di sebelah barat daya ".

6. Ditjen Kebudayaan Provinsi Bali: "Di Pujungan Tabanan Baliterdapatsebuah tongtong perunggu yang dikeramatkan bertuliskan "Sasak dana prihan, srih javanira ". Tongtong ituditulis setelah Anak Wungsu, sekitar abad ke- 12M.

7. Dalam babad Sangupati: "Lombok terkenal dengan nama PulauMeneng (sepi) ".

8. Steven van der Hagen: "Pada tahun 1603 di Labuan Lombok banyak beras yang murah dan hampir setiap hari dikirim ke Balisehingga pelabuhan Lombok dipopulerkan menjadi Lombok".

16 Sampai akhir abad ke-19, pulau Lombok terkenal dengannama Selaparang. Kerajaan ini semula bernama Watu Parangkemudian berubah menjadi Selaparang. Dalam suatu memoar tentangkedatangan Gadjah Mada di Lombok, waktu itu pulau Lombok disebut Selapawis (bahasa kawi: sela berarti batu dan pawis berartiditaklukan). Jadi Selapawis berarti batu yang ditaklukan.

SASAK DAN LOMBOK SEBUAH SATU KESATUAN

Sasak dan Lombok mempunyai kaitan yang erat sehinggatidak dapat dipisahkan. Keduanya terjalin menjadi satu yang berasaldari kata Sa'sa'Loombo. Kata sa' artinya satu, dan lombo' artinyalurus. Dengan demikian, Sasak Lombok berarti satunya lurus atau"satu-satunya kelurusan".Selanjutnya dijelaskan arti dan makna Sasak Lombok ditinjaudari beberapa segi, antaralain:

1. Segi Bahasa.Bahasa sasak sangat sederhana, paling banyak hanya terdiridari dua suku kata. Cukup dengan menambahkan kata "timur" atau"barat", dan "utara" atau "selatan". Contoh, mamben lauq, mambendeye. Kemudian apabila di tempaf itu berdiri sebuah pohon, misalnya pohon asam, maka dusun yang dicarikan nama itu, cukup dinamakandengan "Dasan Bagik" (bagik = asam),

2.Segi keyakinan dan bermasyarakat.Suku Sasak bersandar pada Sa'sa' Lombo', sebagai sesuatuyang diyakini. Hal ini berpengaruh positif dalam hidup dankehidupannya. Adapun sikap-sikap yang dimaksudkah dalam hidup beragama yaitu

a. Penyerahan diri kepada Tuhan (Tauhid). "aninya orang yang

b. Taat kepada Tuhan.

c. Taat kepada pemerintah.

d. Taat kepada orang tua.

Suku sasak sangat teguh memegang apa yang diajarkan kejujuransebelumnya begitupula dalam hidup bermasyarakat seperti:

a. Penyebaran Islam pada tingkat permulaan, yang shalat hanya para mubalig, karena mereka sangat taat dengan ajaran yangsudah diterimanya dari guru yang pertama tadi. Hal ini terbukti pada masyarakat yang dinamakan "Islam Wetu Telu".

b. Penduduk Lombok sangat taat kepada orang tua (ibu bapak atauorang yang lebih dewasa). Jika orang tua telah memiliki pendapatatau saran, maka yang lainnya harus ikut pendapat atau sarantersebut.

c. Kejujuran atau kesederhanaan. Mereka beranggapan bahwa orangyang lebih tua dan patut lebih dihormati itu tidak akanmembohonginya. Itulah yang menjadi dasar bagi masyarakat"Waktu Telu" pada masa transisinya, bahwa untuk menjalankansyari'at agama, lebih banyak diserahkan pada para kyai dan pemangkunya..

3. Segi ketaatan kepada pemerintah.

Orang sasak sangat taat dalam menjalankan ajaran agamanya.Adanya ajaran-ajaran taat kepada Tuhan, taat kepada Rasul dan taatkepada pemerintah, merupakan ajaran yang harus dijalankan.secaramurni dan apa adanya. Dalam hal ini nampak kelemahan bagimereka yang bulat-bulat menyerahkan persoalannya kepada seorang pemimpin. Kalaupun ada yang kemudian temyata menipunya,mereka juga tidak akan memberikan reaksi yang berlebihan. Paling- paling mereka akan menggerutu dan dalam bahasa sasak mengatakan: "la penje ia penjahit, ia pete id dait, bagus pete bagustedait, lenge pete lenge tedait".Dari penjelasan tersebut di atas maka dapat disimpulkannama suku dan pulau ini berasal dari Sa'sa'Lombo' menjadi "Sasak Lombok" yang artinya satu-satunya kelurusan. Sifat-sifat tersebuttercermin dalam sifat datu dan pemban pada masa lampau. Datu dan, pemban adalah sosok pemimpin yang mengayomi, mengemongrakyatnya. Pemimpinnya tidak mementingkan istana yang megah.Yang penting rakyatnya dapat makan. Hal tersebut merupakan sala satu alasan yang kuat mengapa bangunan istana raja, datu atau pemban tidak ditemukan di Gumi Sasak. Dengan demikian orangSasak Lombok adalah orang-orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran (kelurusan).

Sponsor By



Sarana berbagi informasi dunia kerja dan usaha